Sabtu, 23 Desember 2023

Asus ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Paling Powerfull Performa Tak Tertandingi

Asus kembali merilis laptop gaming terbaru dan sukses mencuri perhatian para gamers. ROG Strix Scar 16 hadir dengan performa yang powerfull dan spesifikasi mumpuni. Kehadiran perangkat gaming ini bahkan mendapatkan julukan laptop terbaik tahun ini. 

Ada beragam keuntungan ketika Anda memilih seri Scar 16, salah satunya merasakan pengalaman bermain game lebih memuaskan. 

Asus ROG Strix Scar
Asus ROG Strix Scar


Performa Asus ROG Strix Scar 16

Perangkat Strix Star 16 hadir untuk memanjakan real gamer dengan segudang fitur, bukan hanya sekedar hadir sebagai perangkat yang bertenaga. Laptop gaming yang meluncur tahun 2023 ini memiliki desain dan kinerja powerfull. Untuk lebih jelasnya, simak spesifikasi ROG Strix Scar 16 specs berikut ini:

1. Ditenagai Prosesor Intel Core i9

Scar 16 merupakan laptop penerus seri ROG Strix Scar yang menawarkan kinerja dan desain menarik. Salah satunya menggunakan prosesor Intel Core i9 generasi ke-13. Intel memperkenalkan seri chip Core i9 yang dibuat menggunakan arsitektur Coffee Lake

Hadirnya prosessor ini menggusur jajaran Intel Core i7 yang sebelumnya memegang predikat prosesor paling kuat. Saat ini Core i9 banyak digunakan untuk laptop high end karena memiliki performa luar biasa daripada prosesor generasi sebelumnya. ROG Strix Scar 16 menggunakan prosesor Intel Core i9-13980HX dengan 24 Core dan 32 thread.

Konfigurasi jumlah Core yang masif menjadi daya tarik utama Core i9, sebab chip terbaru menawarkan teknologi hyper threading. Banyaknya jumlah Core menandakan laptop bisa menjalankan berbagai tugas secara bersamaan. Intel Core i9 merupakan jawaban bagi hardware yang mendambakan performa luar biasa.

Laptop ini bisa bekerja pada frekuensi hingga 5,6 GHz, sehingga mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game sangat lancar dan cepat. Berbasis arsitektur hybrid, ROG Strix Scar 16 (2023) menggabungkan Raptor Cove Core dan Gracemont core yang mampu mengefisiensi daya.

Processor 13th Gen Intel Core merupakan generasi terbaru Intel yang dilengkapi fitur eksklusif untuk mempercepat komputasi AI. Selain itu, teknologi Smart Cache Teknologi membantu meningkatkan kinerja cache.

2. Memori RAM DDR5

RAM DDR5 merupakan generasi ke-5 Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory. Adanya DDR5 akan meningkatkan bandwidth sebesar 59 persen. RAM ini dirancang  untuk meningkatkan kinerja hingga 6400 MT/s. Selain itu, penggunaan RAM DDR5 mampu mengurangi daya sekaligus meningkatkan efisiensi.

DDR5 memiliki PMIC on board yang membantu mengatur daya berbagai komponen modul memori. Tidak heran jika ROG Strix Scar 16 semakin diburu pecinta game karena performanya ciamik. Menariknya, DDR5 menggunakan perangkat baru yang mengintegrasikan EEPROM Serial Detect dengan fitur hub tambahan. 

Hal ini memungkinkan pengelolaan akses dan memisahkan beban memori pada perangkat, sehingga performa lebih lancar.

3. Fitur Upgrade 

Keunggulan lain dari laptop gaming ini yaitu memiliki fitur upgrade. Fitur upgrade ROG Strix Scar 16 cukup lengkap melalui dua slot SO-DIMM. Tersedia upgrade penyimpanan melalui dua slot, yaitu M.2 PCIe 4.0. 

4. Windows 11 Home

Performa tidak tertandingi dari seri Scar 16 tidak terlepas dari penggunaan Windows 11 Home. Windows 11 Home memiliki sistem keamanan yang lebih baik jika dibandingkan versi pendahulunya. Fitur ini akan mengamankan data dengan mengenkripsi storage. Ketika laptop hilang, data di dalamnya tetap aman karena tidak bisa diakses sembarangan.

Windows 11 Home mendukung kapasitas RAM hingga 128 GB. Selain itu, Windows 11 memanfaatkan Chip TPM untuk pengamanan yang lebih ketat. Jika storage terbuka di perangkat lain, maka data tidak bisa diakses. Saat aktif, Bitlocker menghentikan proses Startup ke Windows.

Pengguna harus memasukkan PIN atau password yang benar ketika menancapkan USB Flash Drive. 

5. Baterai

Sebagai bonus, ROG Strix Scar 16 telah dibekali baterai berkapasitas 90 Whr. Berkat baterai berkapasitas besar, laptop ini sanggup bertahan hingga 6 jam 48 menit. Hal ini diperkuat dengan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Video Loop. Daya tahan baterai merupakan faktor penting yang harus Anda perhatikan saat akan membeli laptop. 

Terlebih lagi untuk laptop gaming, jika tidak mendapatkan support daya tahan baterai yang baik akan tidak memuaskan saat bermain game. 

ROG Strix Scar 16 harga dibanderol berbeda berdasarkan tipenya. Untuk seri Scar 16 G634 harganya mulai Rp65.999.000. Harga tinggi tersebut sejalan dengan performa yang dimilikinya. Laptop ini hanya memiliki berat 2,5 kg dan desain yang menawan.

Hadirnya laptop ROG Strix Scar 16 menjawab semua kebutuhan penggemar game. Laptop ini mampu bertahan karena mendapat dukungan baterai yang mumpuni dan jeroan berkualitas. Tidak heran jika seri Scar 16 menjadi incaran para gamer profesional.

 

Ad Placement