Selasa, 25 November 2014

Tugas Ilmu Pengetahuan dan Penelitian

Tugas Ilmu Pengetahuan dan Penelitian  - Kepaduan antara ilmu dan penelitian sudah demikian erat, sehingga tidak mungkin orang memisahkannya. Ilmu dan penelitian dapat diibaratkan dua sisi dari mata uang yang sama . karena itu tugas ilmu dan penelitian dapat dikatakan identik. Adapun tugas-tugas ilmu dan penelitian itu secara singkat adalah seperti yang disajikan di bawah ini. 

Tugas Ilmu Pengetahuan dan penelitian


  1. Tugas mencandra atau mengadakan deskripsi (memerikan), dimana ilmu dan penelitian bertugas menggambarkan secara jelas dan cermat hal-hal yang dipersoalkannya.
  2. Tugas menerangkan (ekspalansi), dimana ilmu dan penelitian bertugas menerangkan kondisi-kondisi yang mendasari terjadinya peristiwa-peristiwa.
  3. Tugas menyusun teori, dimana ilmu dan penelitian bertugas mencari dan merumuskan hukum atau tata-tata mengenai hubungan antara kondisi yang satu dan kondisi yang lain atau hubungan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain.
  4. Tugas prediksi, dimana ilmu dan penelitian bertugas membuat prediksi (ramalan), estimasi, dan proyeksi mengenai peristiwa-peristiwa yang bakal terjadi atau gejala-gejala yang bakal muncul.
  5. Tugas pengendalian, dimana ilmu dan penelitian juga bertugas melakukan tindakan-tindakan guna mengendalikan peristiwa-peristiwa atau gejala-gejala sebagai keseluruhan.


Tidak dapat dibantah jika seorang penulis mempunyai obsesi sendiri dalam tujuan kenapa ia menulis. Namun yang harus dibedakan dalam menulis tujuan penelitian tidak menyertakan tujuan secara umum, seperti mengembangkan kemampuanmenulis karya ilmiah-memperluas cakrawala berpikir ilmiah-meraih gelar kesarjanaan, dan sebagainya. Akan tetapi, fokus tujuan penelitian mengarahkan penelitian berbicara pada perihal lebih khusus, dan lebih kontekstual dilihat dalam hubungan antar variable sebagaimana yang ditulis pada judul penelitian. 
Baca Juga >>> Tujuan Penelitian

 

Ad Placement