Senin, 24 November 2014

Penelitian sebagai aplikasi metode ilmiah

Penelitian sebagai aplikasi metode ilmiah - Penelitian pada dasarnya adalah suatu proses suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah. Oleh karena itu, sebelum pembahasan tentang hakikat penelitian perlu dijelaskan terlebih dahulu hakikat metode ilmiah. Tujuan dari semua usaha ilmiah adalah untuk menjelaskan, memprediksikan, dan /atau mengontrol fenomena. Tujuan ini didasarkan pada asumsi bahwa semua perilaku dan kejadian adalah beraturan dan bahwa akibat mempunyai penyebab yang dapat diketahui. 

Penelitian sebagai aplikasi metode ilmiah

Kemajuan ke arah tujuan ini didasarkan pada asumsi bahwa semua akibat mempunyai penyebab yang dapat diketahui. Kemajuan ke arah tujuan ini berhubungan dengan pemerolehan penegatahuan dan pengembangan serta pengujian teori-teori. Eksistensi dari suatu teori yang dapat hidup sangat mempermudah kemajuan ilmu pengetahuan yang secara simultan menjelaskan banyak fenomena. Dibandingkan dengan sumber pengetahuan yang lain, seperti pengalaman, otoritas, penalaran induktif, dan penalaran deduktif, penerapan metode ilmiah tidak diragukan, paling efisien, dan paling terpercaya.
Penelitian adalah suatu proses dari langkah-langkah yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk meningkatkan pemahaman tentang suatu topik atau masalah (Creswell, 2012: 3)

Penelitian ilmiah didefinisikan sebagai  aplikasi dari metode dan teknik yang sistematik yang membantu peneliti dan praktisi  untuk memahami dan  meningkatkan suatu proses (pembelajaran/pengajaran).

Langkah-langkah dalam penggunaan metode ilmiah meliputi:
       Perumusan Masalah
       Pengumpulan Data/Informasi
       Analisis Data
       Interpretasi dan Laporan Temuan
       Perumusan Masalah Baru untuk Melakukan Penyelidikan Berikutnya.


 

Ad Placement