Rabu, 26 November 2014

Jenis Penelitian Ditinjau dari Tujuan

Jenis Penelitian Ditinjau dari Tujuan - Penelitian ini beberapa di antaranya adalah:

Ilustrasi


  • Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif merupakan sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk menemukan sebab-musabab terjadinya sesuatu. Misalnya seorang peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Sebagai contoh, di suatu desa secara berturut-turut terjadi kematian penduduk terutama anak-anak di bawah umur 5 tahun. Kejadian tersebut kelihatan misterius sehingga menarik perhatian para dokter. Maka dibentuklah sebuah tim untuk mengadakan penelitian dengan maksud untuk menemukan sebab-musabab terjadinya musibah tersebut. Penelitian semacam ini dinamakan penelitian eksploratif.



  • Penelitian Developmental atau Penelitian Pengembangan

Pada tahun 1970 pemerintah Indonesia (DepDikBud) ingin mencoba metode pengajaran berprograma sebagai metode penyampaian pelajaran. Maka disusunlah seri Buku Berprograma dan mulai dicoba digunakan di sekolah. Semua kejadian yang berhubungan dengan proses belajar-mengajar dicatat, diteliti, dan diadakan penyempurnaan seperlunya sehingga akhirnya diharapkan ditemukannya prototipe metode penyampaian dengan menggunakan Buku Berprogama. Mengadakan percobaan dan Penyempurnaan inilah yang digolongkan sebagai penelitian developmental atau penelitian pengembangan. Hampir di semua pabrik terdapat sebuah seksi yang bertugas mengadakan penelitian tentang hasil, mencoba meningkatkan mutu dalam skala kecil, dan kalau ternyata hasilnya lebih baik lalu dilakukan dalam skala luas. Skala ini disebut Research and Development (R & D).


  • Penelitian Verifikatif

Penelitian verifikatif merupakan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain. Misalnya, pada tahun 1970 pernah diadakan penelitian tentang rasa solidaritas rakyat pedesaan, dan dihasilkan suatu kesimpulan. Dua tahun kemudian seorang peneliti lain mengadakan penelitian yang sama dengan tujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.


  • Penelitian Kebijakan

Sebuah lembaga pemerintah mengadakan upaya untuk meningkatkan disiplin karyawan. Setelah diketemukan strategi yang diperkirakan paling tepat, lembaga tersebut menyebarkan angket kepada para karyawan untuk menanyakan usul-usul guna mengefektifkan strategi yang dimaksud. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket digunakan untuk menentukan kebijakan yang diambil oleh lembaga pemerintah tersebut sebagai upaya meningkatkan disiplin karyawan. Penelitian yang dilakukan oleh lembaga pemerintah tersebut diklasifikasikan sebagai penelitian kebijakan, karena menyangkut tindakan yang diambil oleh pemerintah dan diberlakukan secara luas.

 

Ad Placement